Laman

Selasa, 20 November 2012

DNA


DNA adalah Asam deoksiribonukleat. Terletak dalam inti sel, yang membentuk tubuh. Akibatnya, DNA dapat dianggap sebagai salah satu blok bangunan tubuh.
Untuk memahami struktur yang tepat dan fungsi tubuh sangat penting untuk tahu apa sel dan bagaimana itu disusun.

Sel

Sel adalah struktur dasar dari tubuh. Tubuh manusia dibangun miliaran dan triliunan sel. Sel-sel organ yang berbeda bervariasi menurut fungsi mereka.
Setiap sel berisi materi herediter dan dapat membuat salinan sendiri oleh mereproduksi dan mengalikan. Setelah rentang kehidupan spesifik sel-sel lama mati.
Bagian sel disebut organel. Sel-sel manusia mengandung bagian besar berikut:
  • Inti-ini adalah bagian tengah sel yang membawa cetak biru untuk fungsi sel dan sel memberitahu ketika untuk tumbuh, mereproduksi, dan mati. Juga merumahkan DNA (Asam deoksiribonukleat).
  • Mitokondria-ini adalah powerhouses sel dan menghasilkan energi untuk berbagai kegiatan sel.
  • Sitoplasma-ini adalah jelly seperti cairan dalam sel. di mana organel lain mengapung.
  • Retikulum endoplasma (ER)-ini membantu dalam pengolahan molekul (misalnya protein) dibuat oleh sel.
  • Ribosom-ini berbohong atas ER dan proses petunjuk genetik atau cetak biru dalam DNA dan membuat protein baru. Ini juga dapat mengambang bebas di sitoplasma.
  • Lisosom dan peroxisomes-ini membantu dalam mencerna asing bakteri yang menyerang sel, menyingkirkan sel dari zat-zat beracun
  • Membran sel-ini adalah lapisan luar sel.

Kromosom

Dalam inti DNA untai erat dikemas untuk bentuk kromosom. Selama pembelahan sel kromosom terlihat.
Kromosom masing-masing memiliki titik penyempitan disebut sentromer dari mana dua lengan terbentuk. Lengan pendek kromosom diberi label "lengan p." Lengan panjang kromosom diberi label "q lengan."
Setiap pasangan kromosom yang berbeda dibentuk oleh lokasi sentromer dan ukuran p dan q lengan.
Manusia biasanya memiliki 23 pasangan kromosom, untuk total 46. Dua puluh-dua pasangan ini, disebut autosomes, terlihat sama pada pria dan wanita.
Pasangan 23 disebut kromosom seks dan berbeda antara lelaki dan perempuan. Perempuan memiliki dua salinan kromosom X atau XX, sementara pria memiliki satu kromosom Y dan satu X.

Gen

Gen adalah materi herediter yang terletak di dalam inti sel. Gen, yang terdiri dari DNA, bertindak sebagai petunjuk untuk membuat molekul yang disebut protein.
Proyek genom manusia telah diperkirakan bahwa manusia memiliki antara 20.000 dan 25.000 gen. Setiap orang memiliki dua salinan setiap gen, salah satu warisan dari masing-masing orangtua. Ini sebagian besar serupa dalam semua orang tapi sejumlah kecil (kurang dari 1 persen dari total) gen sedikit berbeda antara orang-orang dan ini membentuk dasar dari ayah tes dan analisis DNA.

Mana DNA ditemukan?

DNA, atau Asam deoksiribonukleat, adalah materi herediter yang terletak di dalam inti semua sel pada manusia dan organisme lainnya. Sebagian besar DNA ditempatkan dalam inti dan disebut nuklir DNA. Namun, sebagian kecil dari DNA juga dapat ditemukan dalam mitokondria dan disebut DNA mitokondria atau mtDNA.

Apa DNA terdiri?

DNA berisi empat basa kimia:
  • Adenina (A)
  • Guanina (G)
  • Sitosina (C)
  • Timina (T).
DNA Structure

Pasangan basa DNA

DNA pangkalan pasangan dengan satu sama lain, A dengan T dan C dengan G, untuk unit bentuk yang disebut pasangan basa. Setiap basis juga melekat pada molekul gula dan satu molekul fosfat.
DNA dalam manusia berisi sekitar 3 milyar pangkalan dan ini mirip dalam dua orang untuk sekitar 99% dari total dasar. Pangkalan ini diurutkan berbeda untuk informasi yang berbeda yang perlu dikirim. Hal ini mirip dengan cara yang berbeda urutan kata formulir surat dan urutan kata yang membentuk kalimat.

Nukleotida dan heliks ganda

Dasar, gula, dan fosfat dalam kombinasi disebut sebagai nukleotida. Nukleotida disusun dalam dua untai panjang yang membentuk spiral disebut heliks ganda. Ini tampak seperti sebuah tangga yang bengkok dan membentuk pasangan basa janjang tangga dan molekul gula dan fosfat membentuk sisi tangga.

Bagaimana DNA mereplikasi dirinya?

DNA dapat membuat salinan dirinya sendiri. Kedua untai DNA membuka dan membuat salinan dari masing-masing dan menjadi dua DNA berdiri. Dengan demikian setiap DNA baru memiliki satu salinan DNA tua dari mana salinan dibuat.

DNA mitokondria

Mitokondria memiliki DNA dalam jumlah kecil. Bahan genetik ini dikenal sebagai DNA mitokondria atau mtDNA.
Setiap sel berisi ratusan hingga ribuan mitokondria yang terletak di dalam sitoplasma. DNA mitokondria mengandung gen 37 yang membantu untuk berfungsi secara normal. Tiga belas gen ini memberikan petunjuk untuk membuat enzim yang terlibat dalam produksi energi oleh fosforilasi oksidatif. Sisa gen bantuan dalam membuat molekul disebut RNA transfer (tRNAs) dan ribosomal RNA (rRNAs) yang membantu dalam sintesis protein.

Struktur hirarki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar