Laman

Kamis, 22 November 2012

Tumbuhan Saprofit



Gambar Tumbuhan Saprofit
Gambar Tumbuhan Saprofit
Pengertian Tumbuhan saprofit adalah tumbuhan yang tidak memiliki klorofil yang hidup pada hasil perombakan atau pelapukan jasad lain. Oleh karena tidak mempunyai klorofil, maka tidak mampu berasimilasi, maka perlu mendapatkan zat organis yang telah di bentuk oleh jasad-jasad lain.
Jadi menyerupai parasit, hanya parasit mengambil makanan jasad yang hidup. Sedangkan Saprofit mengambil makanan dari jasad yang telah mati, yang telah jatuh di tanah.
Contoh Tumbuhan Saprofit
misalnya saja sebagian besar bakteri yang hidup di tanah, jamur-jamur yang tidak parasit serta jenis lainnya. Semuanya tidak mempunyai klorofil, tidak mampu membentuk zat organis sendiri dari udara, sehingga perlu mengambil makanan yang terdiri dari zat organis.
Perbedaan Parasit dengan Saprofit
Saprofit adalah cara hidup menumpang pada sisa makhluk hidup lain, misalnya jamur saprofit, tanaman anggrek yang hidup menumpang pada sisa batang lapuk, dsb
Parasit adalah cara hidup menumpang pada makhluk hidup lain dan merugikan makhluk yang ditumpangi, misalnya benalu pada tumbuhan inang. Akar benalu menusuk sampai jaringan pengangkut pada tumbuhan inang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar