Laman

Kamis, 22 November 2012

Kambium



Gambar Kambium
Gambar Kambium
Pengertian Kambium adalah lapisan jaringan meristematik pada tumbuhan yang sel-selnya aktif membelah dan bertanggung jawab atas pertumbuhan sekunder tumbuhan. kambium pada tumbuhan ditemukan pada batang dan akar.
Berdasarkan jaringan tetap yang dibentuknya, dikenal dua kelompok kambium, yaitu kambium gabus (felogen, phellogen) dan kambium pembuluh (vascular cambium). Kambium hanya ditemukan pada tumbuhan dikotil dan gymnospermae.
Kambium gabus adalah bagian dari korteks. Aktivitasnya menghasilkan jaringan gabus (felem, phellem atau cork) ke arah luar.
Jaringan gabus berfungsi untuk mengendalikan masuk dan keluarnya air, mencegah serangan hama, dan beberapa fungsi mekanik lainnya. Ke arah dalam, kambium gabus pada beberapa spesies tumbuhan menghasilkan lapisan kulit bergabus yang disebut feloderm (phelloderm).
Kambium pembuluh atau vaskular adalah bagian yang biasa disebut orang kambium saja. Kambium biasanya membatasi bagian pepagan (kulit kayu) dari kolom kayu pada batang pohon. Ke dalam, kambium akan membentuk pembuluh kayu (xilem) dan ke luar kambium membentuk pembuluh tapis (floem, phloem).
Fungsi Jaringan Pada Batang Tumbuhan
  • Fungsi kambium adalah memeperbesar batang, yang mengalami aktivitas pembelahan sel-sel kambium,
  • Fungsi xilem adalah menyalurkan air dan mineral dari tanah ke seluruh bagian tumbuhan, terutama daun,
  • Fungsi floem adalah mengangkut zat makanan dari daun ke seluruh bagian tumbuhan,
  • Fungsi Epidermis adalah melindungi bagian dalam batang , dan
  • Fungsi Jaringan Parenkim(bagian yang berwarna hijau) adalah tempat pertukaran zat dan penyimpanan makanan cadangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar